Jumat, 13 Maret 2015

Langkah-Langkah Pembuatan Sertifikat Melalui Mail Merge di Microsoft Publisher


Langkah-Langkah Pembuatan Sertifikat Melalui Mail Merge di Microsoft Publisher

1.     Langkah Pertama 
Pertama-tama kumpulkan semua data yang akan kita buat sertifikat. Kemudian masuk ke Microsoft Excel dengan cara Klik Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Excel – Enter.
Dan nantinya akan muncul tampilan seperti ini :



2.     Langkah Kedua
Buatlah Tabel yang berisikan data-data yang akan di masukkan kedalam sertifikat. 
Meliputi : Nama Peserta – Nomer Sertifikat – Jenis Pelatihan – Nilai – Predikat – Keterangan dengan benar dan tepat. Kemudian isi data tersebut secara lengkap. 


3.     Langkah Ketiga
Jika semua sudah terisi lengkap. Pastikan data tersebut benar-benar tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian kelengkapan sertifikat. Kemudian simpan data tersebut kedalam folder baru. Dengan cara Klik Save – OK. 


4.     Langkah Keempat 
Setelah  data di Microsoft Excel tersimpan, Langkah selanjutnya yakni masuk dalam tahap pembuatan sertifikat di Microsoft Publisher dengan cara Klik Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Publisher – Enter.
Dan nantinya akan muncul tampilan seperti ini :
  

Kemudian pilih Award Certificates -  Enter



5.     Langkah Kelima
Langkah selanjutnya yakni pilihlah tema atau desain sertifikat yang di inginkan, kemudian Klik dan Tekan Create.
Seperti gambar di bawah ini :


Dari proses di atas,  nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini : 


6.     Langkah Keenam 
Desain Sertifikat semenarik mungkin agar enak dilihat dan perhatikan kelengkapan isinya. 
Di dalam sertifikat cantumkan Nama Lembaga - Nomor Sertifikat – Nama Peserta – Jenis Pelatihan – Nilai – Predikat – Keterangan – Tanggal Pembuatan – Nama Kepala Lembaga – dan Tanggal Pelatihan tersebut.
Setelah semuanya terisi, cek kembali isi dan kelengkapan sertifikat tersebut. Seperti contoh : 



7.     Langkah Ketujuh 
Setelah selesai, Sekarang waktunya masuk ke Mail Merge. Caranya yang pertama Klik salah satu kolom Nomor atau Nama kemudian Klik Mailings – Pilih Select Recepients – Use Existing List.



Kemudian cari data Excel yang telah kamu buat sebelumnya dan Klik Open – OK.
 

 Setelah itu, Klik Insert Merge Field – dan Pilih Kategori sesuai kolom-kolom yang telah di sediakan di sertifikat.

Jika semua sudah terisi, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Jika ingin melihat dan memastikan hasil sertifikat yang telah dibuat, dengan cara Klik "Preview Result" dengan menggeser tanda disampingnya, untuk memastikan bahwa sertifikat tersebut sudah siap untuk di cetak. 


8.     Langkah Kedelapan

Setelah semuanya selesai dan pastikan bahwa sertifikat tersebut sudah lengkap dan data-datanya pun benar, maka langkah terakhir adalah menyimpan. Usahakan file sertifikat, satu folder sama data Excel yang telah dibuat sebelumya. Caranya pun sama yaitu Klik Save – OK.


Demikian langkah-langkah pembuatan serifikat menggunakan mail merge di Microsoft Publisher. Semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar